Kamis, 10 November 2011

fungsi otak kanan, kiri dan tengah

 FUNGSI OTAK MANUSIA


Otak adalah organ badan yang paling utama yang penempatannya di dalam tengkorak. Otak dapat di bagi menjadi tiga bagian utama yaitu: Otak bagian depan, Otak tengah dan Otak belakang. Bagian yang depan adalah ferobrain, yang meliputi cuping pencium (pusat penciuman), dan belahan otak (tempat kecerdasan).Otak tengah meliputi cuping yang berhubungan dengan mata yang merupakan pusat penglihatan.
Otak belakang adalah bagian bokong, yang meliputi otak besar (pusat koordinasi), medulla oblongata (pusat tindakan tanpa disengaja).medulla oblongata dilanjutkan hingga mengenai tulang belakang. Fungsi otak adalah tatap muka, melihat, penciuman, mencicipi, berjalan , berpikir ingatan, mengingat kembali, dan lain-lain. Syaraf menghubungkan otak ke berbeda bagian-bagian dari badan.. Kelainan kecil pada otak akan mempengaruhi aktifitas tubuh, karenanya kita harus selalu menjaga nutrisinya danmenjaga kesehatannya dan mengembangkannya.
Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsitubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dansuhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan,pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya





Otak besar dibagi menjadi belahan (hemisfer) kiri dan belahan kanan. Masing-masing sisi mempunyai fungsi yang berbeda yaitu:

Ø  Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Bagian otak ini merupakan pengendaliintelligence quotient (IQ). Daya ingat otak bagian ini juga bersifat jangka pendek.
Ø  Otak kanan berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, dan melukis.
Ø  Aktivasi otak tengah adalah  suatu penemuan fenomenal dalam pendidikan anak. Teori penggunaan otak tengah sebenarnya telah banyak dilakukan pada banyak negara negara di Asia terutama Jepang. Jepang telah lama melakukan praktek aktivasi otak tengah pada anak-anak.Seorang anak yang telah diaktivasi otak tengah akan memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan anak yang otak tengahnya belum di aktivasi. Kegiatan dengan mata tertutup adalah suatu kegiatan yang paling nyata dapat dilihat. 

Berikut sifat-sifat orang yang dominan otak kiri dan kanan:

Dominan Otak Kiri
Dominan Otak Kanan
Menggunakan logika
Menggunakan perasaan
Berorientasi detail
Berorientasi secara keseluruhan
Melihat fakta
Melihat imajinasi
Kata-kata dan bahasa
Simbol dan gambaran
Hari ini dan masa lalu
Hari ini dan masa depan
Matematika dan ilmu pengetahuan
Filosofi dan religi
Mengetahui
Memahami
Mengetahui
Mempercayai
Mengakui
Mengapresiasi
Mempersepsi urutan/pola
Mempersepsi secara spasial/ruang
Mengetahi nama objek
Mengetahui kegunaan objek
Berdasar pada realita
Berdasar pada fantasi
Menyusun strategi
Berdasar pada apa yang terjadi
Praktis
Terburu-buru/tidak sabar
Bermain aman
Mengambil resiko










2 komentar: